Rohkhana, Siti and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2013) Efektivitas Pembelajaran Reciprocal Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika (PTK Siswa Kelas VIII-F Semester Genap di SMP Negeri 3 Cawas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (599kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (553kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-F SMP Negeri 3 Cawas pada semester II tahun pelajaran 2012/2013 melalui pembelajaran Reciprocal Teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII-F SMP Negeri 3 Cawas berjumlah 17 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dibantu dengan guru matematika. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, foto, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dan hasil belajar matematika siswa pokok bahasan bangun ruang prisma dan limas melalui pembelajaran Reciprocal Teaching. Hal ini dapat dilihat dari (1) peningkatan kemandirian siswa melalui indikator-indikator, yaitu: a) keberanian siswa presentasi di depan kelas sebelum putaran 11,76%, dan setelah putaran III 70,59%, b) keberanian siswa mengajukan pertanyaan/pendapat sebelum putaran 17,64%, dan setelah putaran III 76,47%, c) kemandirian siswa dalam mengerjakan soal individu sebelum putaran 47,05%, dan setelah putaran III 88,24%, dan d) siswa mengerjakan tuhas pekerjaan rumah sebelum putaran 52,94%, dan setelah putaran III 100%. (2) peningkatan hasil belajar siswa mengerjakan soal individu secara mandiri dengan nilai lebih dari sama dengan 70, yaitu kondisi awal sebelum putaran 47,05%, dan setelah putaran III 88,24%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian, hasil belajar matematika, Reciprocal Teaching |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 07:18 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 22:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24693 |
Actions (login required)
View Item |