Setyowati, Safitri Retno (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Ipa Melalui Strategi Scramble Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sambiduwur 2 Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (670kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf Download (130kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dalam pembelajaran IPAmelalui strategi pembelajaran Scramble bagi siswa kelas IV SD Negeri Sambiduwur 2. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah guru IPA kelas IV SD Negeri Sambiduwur 2 dan peneliti sebagai subyek pemberi tindakan, sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa-siswi kelas IV yang berjumlah 20 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dukumentasi, dan tes. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini secara ini secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data dan transformasi data kasar dari hasil catatan lapangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keaktifan belajar IPA siswa mengalami peningkatan yaitu: 1) peningkatan keaktifan siswa yang meliputi: a) peningkatan keaktifan mendengarkan penjelasan dari guru sebanyak 9 siswa (45%), 14 siswa (70%) pada siklus I, 19 siswa (95%) pada siklus II. b) siswa yang aktif berdiskusi sebanyak 8 siswa (40), 13 siswa (65%) pada siklus I, 18siswa (90%) pada siklus II. c) siswa yang aktif menjawab pertanyaan 6 siswa (30%), 12 siswa (60%) pada siklus I, 17 siswa (85%) pada siklus II. d) siswa yang aktif mengemukakan pendapat 7 siswa (35%), 9 siswa (45) pada siklus I, 15 siswa ( 75%) pada siklus II. e) Siswa aktif menjawab pertanyaan / soal 8 siswa (40%), 15 siswa ( 75) pada siklus I, 18 siswa (90%) pada siklus II. 2) peningkatan hasil belajar yaitu sebelum adanya tindakan kelas hasil belajar siswa yang diatas KKM sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (45%), 14 siswa (70) pada siklus I, dan 18 siswa (90%) pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajara IPA melalui strategi Scramble dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Scramble, keaktifan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 09 Jul 2013 12:32 |
Last Modified: | 09 Jul 2013 12:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24683 |
Actions (login required)
View Item |