Wahyu, Endro and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Metode Polamatika Pada Kelas V SD Negeri Bratan II No. 170 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (9MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (106kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (78kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (15MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk Meningkatkan Minat belajar matematika melalui penerapan metode Polamatika pada siswa kelas V di SD Negeri Bratan II No. 170 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. (2) untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan metode polamatika pada siswa kelas V di SD Negeri Bratan II No. 170 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Bratan II No. 170 Surakarta yang berjumlah 53 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V melalui metode polamatika. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase indikator pencapaian minat belajar siswa dari pra siklus, siklus I pertemuan kedua dan siklus II pertemuan ke dua, yaitu: dari 53 siswa yang ada, dari aspek rasa senang dalam belajar (Kesukaan) meningkat dari pra siklus 32,07%, siklus I pertemuan ke dua 54,71%, kemudian siklus II pertemuan ke dua menjadi 86,79%, Perhatian siswa dalam belajar (Perhatian) meningkat dari pra siklus 35,84%, siklus I pertemuan ke dua 50,94%, kemudian siklus II pertemuan kedua menjadi 88,67%, Kemauan siswa dalam memberikan tanggapan guru dan siswa lain (keterlibatan) meningkat dari pra siklus 24,52%, siklus I pertemuan ke dua 50,94%, kemudian siklus II pertemuan ke dua menjadi 81,13%, Ketertarikan siswa dalam mengerjakan latihan soal (ketertarikan) meningkat dari pra siklus 45,28%, siklus I pertemuan ke dua 58,49%, kemudian siklus II pertemuan ke dua menjadi 92,45%. Selain itu prosentase hasil belajar siswa yang mencapai KKM (≥70) juga menunjukkan peningkatan. Pada pra siklus yang mencapai 58,50%, pada siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 69,81%, kemudian pada siklus II pertemuan ke dua meningkat lagi 83,03%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui metode polamatika dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar yang meningkat pula.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat belajar, metode polamatika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 09 Jul 2013 12:01 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 08:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24678 |
Actions (login required)
View Item |