Pengembangan Kompetensi Paedagogik Guru Pendidikan Kewarganegaraan Yang Sudah Bersertifikasi (Studi Kasus Pada Guru PKn di SMP Negeri I Wedi Kabupaten Klaten Tahun 2012/2013)

Ambarwati, Nanik and , Agus Prasetyo, S.Pd., M.Pd. (2013) Pengembangan Kompetensi Paedagogik Guru Pendidikan Kewarganegaraan Yang Sudah Bersertifikasi (Studi Kasus Pada Guru PKn di SMP Negeri I Wedi Kabupaten Klaten Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (228kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendiskripsikan pembelajaran yang dilakukan guru PKn yang telah bersertifikasi di SMP Negeri I Wedi Kabupaten Klaten Tahun 2012/2013. 2) Mendiskripsikan langkah sekolah dalam melakukan pengembangan kompetensi paedagogik pada guru PKn yang sudah bersertifikasi di SMP Negeri I Wedi Kabupaten Klaten Tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus tunggal terpancang. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua macam trianggulasi. Pertama trianggulasi sumber yang berupa informan dari tempat, peristiwa dan dokumen yang memuat catatan. Kedua trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data yang berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengembangan kompetensi paedagogik guru pendidikan kewarganegaraan yang sudah bersertifikasi dapt ditarik kesimpulan: 1) Pembelajaran yang dilakukan guru PKn yang sudah bersertifikasi di SMP Negeri I Wedi bisa dikatakan cukup baik. Guru menyusun silabus dan RPP sebelum melakukan pembelajaran di kelas. Guru memberikan materi pelajaran sesuai dengan kesepakatan MGMP serta acuan dari pemerintah. Guru menggunakan media pembelajaran dalam implementasinya di kelas. Guru melakukan 4 penilaian dalam implementasinya di kelas. 2) Langkah SMP Negeri I Wedi dalam melakukan pengembangan kompetensi paedagogik pada guru PKn yang sudah bersertifikasi dilakukan dalam berbagai bentuk. Guru PKn yang sudah bersertifikasi datang pada acara seminar, loka karya ataupun workshop pada acara yang digelar perguruan tinggi serta lembaga pemerintahan. Sekolah mendukung guru dalam mengikuti acara seminar, loka karya ataupun workshop pada acara yang digelar perguruan tinggi serta lembaga pemerintahan. Kepala sekolah berperan dalam ikut mengembangkan kompetensi paedagogik guru PKn yang telah bersertifikasi di SMP Negeri I Wedi. Guru bidang studi lain juga berperan dalam ikut meningkatkan pengembangan kompetensi paedagogik guru PKn yang telah bersertifikasi di SMP Negeri I Wedi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Kompetensi Paedagogik, Guru PKn, Sertifikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2013 11:53
Last Modified: 26 Oct 2021 00:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24676

Actions (login required)

View Item View Item