Upaya mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar bebas pada anak kelompok A di TK MTA Jirapan, Masaran, Sragen

Cahyani, Yuli and , Dr. Darsinah, SE, M.Si and , Choiriyah Widyasari, S.Psi., M.Psi (2013) Upaya mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar bebas pada anak kelompok A di TK MTA Jirapan, Masaran, Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (447kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (339kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar bebas di TK MTA Jirapan, Masaran, Sragen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, subyek penelitian adalah anak kelompok A sebagai penerima, peneliti sebagai pemberi tindakan, sedangkan guru kelas bertindak sebagai kolaborator. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi untuk mengetahui perkembangan kreativitas anak dan kegiatan pembelajaran guru, wawancara untuk mendiskusikan perencanaan yang akan dilakukan, dan catatan lapangan untuk mencatat hal-hal yang penting dalam proses pembelajaran. Analisis data melalui data interaktif yang digunakan untuk menganalisis data kegiatan menggambar bebas dan data komparatif digunakan untuk menganalisis data kreativitas anak, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perkembangan kreativitas anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui kegiatan menggambar bebas. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan prosentase kreativitas anak, yakni sebelum tindakan dengan prosentase 46,75%, peningkatan siklus I dengan prosentase 70,2 %, peningkatan pada siklus II dengan prosentase menjadi 80%. Peningkatan pada siklus III dengan prosentase 90,5%. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan kegiatan menggambar bebas dapat mengembangkan kreativitas anak TK MTA Jirapan, Masaran, Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Menggambar Bebas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 09 Jul 2013 11:41
Last Modified: 22 Oct 2021 03:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24672

Actions (login required)

View Item View Item