Cahyani, Yuli and , Dr. Darsinah, SE, M.Si and , Choiriyah Widyasari, S.Psi., M.Psi (2013) Upaya mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar bebas pada anak kelompok A di TK MTA Jirapan, Masaran, Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (447kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (339kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar bebas di TK MTA Jirapan, Masaran, Sragen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, subyek penelitian adalah anak kelompok A sebagai penerima, peneliti sebagai pemberi tindakan, sedangkan guru kelas bertindak sebagai kolaborator. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi untuk mengetahui perkembangan kreativitas anak dan kegiatan pembelajaran guru, wawancara untuk mendiskusikan perencanaan yang akan dilakukan, dan catatan lapangan untuk mencatat hal-hal yang penting dalam proses pembelajaran. Analisis data melalui data interaktif yang digunakan untuk menganalisis data kegiatan menggambar bebas dan data komparatif digunakan untuk menganalisis data kreativitas anak, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perkembangan kreativitas anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui kegiatan menggambar bebas. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan prosentase kreativitas anak, yakni sebelum tindakan dengan prosentase 46,75%, peningkatan siklus I dengan prosentase 70,2 %, peningkatan pada siklus II dengan prosentase menjadi 80%. Peningkatan pada siklus III dengan prosentase 90,5%. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan kegiatan menggambar bebas dapat mengembangkan kreativitas anak TK MTA Jirapan, Masaran, Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Menggambar Bebas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 09 Jul 2013 11:41 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 03:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24672 |
Actions (login required)
View Item |