Penerapan Bermain Kartu Bilangan Dalam Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Kelompok B DI TK Pertiwi 5 Pendem Sumberlawang Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Wulandari, Retno and , Dr. Darsinah, SE, M.Si (2013) Penerapan Bermain Kartu Bilangan Dalam Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Kelompok B DI TK Pertiwi 5 Pendem Sumberlawang Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (278kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak melalui bermain kartu bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pada penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B sebagai penerima tindakan dan guru sebagai pemberi tindakan di TK Pertiwi 5 Pendem Sumberlawang Tahun Ajaran 2012/2013. Data tentang kecerdasan logika matematika dikumpulkan dari hasil observasi. Sedangkan data pembelajaran dengan bermain kartu bilangan didapat dari hasil observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data kecerdasan logika matematika menggunakan analisis komparatif. Analisis data pembelajaran dengan bermain kartu bilangan menggunakan analisis interaktif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan logika matematika anak melalui bermain kartu bilangan. Dari prasiklus sampai siklus 2 dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil kecerdasan logika matematika anak kelompok B sebelum tindakan adalah 51,29%, siklus I mencapai 75,51% dan siklus II mencapai 90,36%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bermain kartu bilangan dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak kelompok B di TK Pertiwi 5 Pendem Sumberlawang Sragen Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bermain Kartu Bilangan, Kecerdasan Logika Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 09 Jul 2013 11:32
Last Modified: 22 Oct 2021 03:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24670

Actions (login required)

View Item View Item