Prestasi Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Dan Media Pembelajaran Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Polanharjo Tahun Ajaran 2012/2013

Prasetyo, Sari and , Drs.Nur Chusni, SE., M.Ag and , Dr.Sabar Narimo, M.M., M.Pd. (2013) Prestasi Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Dan Media Pembelajaran Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Polanharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (484kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (772kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) Untuk mengetahui penagruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Polanharjo yang berjumlah 180 siswa, dengan jumlah sampel 119 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda uji t, uji F, uji , dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan dari analisis regresi ganda diperoleh garis persamaan regresi Y=35,880 +0,435+ 0,286, yang berarti bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan media pembelajaran. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Persepsi siswa tentang profesionalisme guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Hal ini berdasarkan uji t diketahui bahwa nilai >> 1,980 dan nilai probabilitas < 0,05 yaitu 0,025 dengan hasil perhitungan sumbangan relatif sebesar 76,5% dan sumbangan efektif sebesar 21,57%. 2) Media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Hal ini berdasarkan uji t bahwa nilai >2,195 > 1,980 dan nilai probabilitas < 0,05 yaitu 0,000 dengan hasil perhitungan sumbangan relatif sebesar 23,5% dan sumbangan efektif sebesar 6,62%. 3) Persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan media pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji F diketahui nilai > sebesar 22,730 > 3,074 dengan nilai probabilitas signifikasi < 0,05 yaitu 0,000, berarti persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan media pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi. 4) Hasil uji koefisien determinasi () sebesar 0,282 yang menunjukkan bahwa kolaborasi variabel persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan media pembelajaran berpengaruh sebesar 28,2% sedangkan sisanya 71,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Persepsi Siswa tentang Profesionalisme Guru dan Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2013 08:03
Last Modified: 29 Oct 2021 06:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24660

Actions (login required)

View Item View Item