Romadhona, Mirna Fairuza and , Drs.Nur Chusni, SE., M.Ag and , Drs.H.M.Yahya,M.Si (2013) Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Siswa SMA Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (275kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi akuntansi kelas XI IPS SMA Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2012/2013, 2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi akuntansi kelas XI IPS SMA Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2012/2013, 3) pengaruh motivasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi akuntansi kelas XI IPS SMA Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 190 siswa dengan sampel sebanyak 123 siswa yang diambil dengan teknik sampel random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 43,815 + 0,391X1 + 0,239X2, artinya prestasi belajar ekonomi akuntansi siswa dipengaruhi oleh motivasi dan kemandirian belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel motivasi belajar sebesar 7,550 sehingga thitung > ttabel atau 7,550>2,270 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (2) kemandirian belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kemandirian belajar sebesar 4,899 sehingga thitung > ttabel atau 4,899>2,270 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (3) motivasi dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 85,772>3,072 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,588 berarti 58,8% prestasi belajar ekonomi akuntansi dipengaruhi oleh variabel motivasi dan kemandirian belajar, sisanya sebesar 41,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 09 Jul 2013 06:47 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 05:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24650 |
Actions (login required)
View Item |