Peningkatan Kemampuan Penalaran Dankreativitas Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas X MAN Ngrambe

Anindita, Heslin Via and , Dr. Sumardi, M.Si (2013) Peningkatan Kemampuan Penalaran Dankreativitas Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas X MAN Ngrambe. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan_(cover-abstrak).PDF

Download (204kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.PDF

Download (214kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.PDF

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.PDF

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan penalaran dan kreativitas belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X-DMAN Ngrambe yang berjumlah 27. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pembelajaran matematika, 1) kemampuan penalaran, terlihat dari siswa mampu menyajikan pernyataan matematika dengan lisan, tulisan maupun gambarsebelum tindakan 29,62%dan sesudah tindakan 66,67%, kemampuan menarik kesimpulan dari pernyataan matematika sebelum tindakan 14,81%, dan sesudah tindakan 55,55%. 2) kreativitas belajar matematika, terlihat dari siswa menemukan ide-ide baru sebelum tindakan 11,11% dan sesudah tindakan 51,85%, memberikan tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan 14,81% dan sesudah tindakan 62,96%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaranPBL dapat meningkatkan kemampuanpenalaran dan kreativitas belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan penalaran; kreativitas belajar matematika; PBL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2013 10:12
Last Modified: 01 Nov 2021 22:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24631

Actions (login required)

View Item View Item