Anindita, Heslin Via and , Dr. Sumardi, M.Si (2013) Peningkatan Kemampuan Penalaran Dankreativitas Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas X MAN Ngrambe. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan_(cover-abstrak).PDF Download (204kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.PDF Download (214kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.PDF Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.PDF Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.PDF Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.PDF Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.PDF Download (23kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.PDF Restricted to Repository staff only Download (882kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.PDF Download (180kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan penalaran dan kreativitas belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X-DMAN Ngrambe yang berjumlah 27. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pembelajaran matematika, 1) kemampuan penalaran, terlihat dari siswa mampu menyajikan pernyataan matematika dengan lisan, tulisan maupun gambarsebelum tindakan 29,62%dan sesudah tindakan 66,67%, kemampuan menarik kesimpulan dari pernyataan matematika sebelum tindakan 14,81%, dan sesudah tindakan 55,55%. 2) kreativitas belajar matematika, terlihat dari siswa menemukan ide-ide baru sebelum tindakan 11,11% dan sesudah tindakan 51,85%, memberikan tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan 14,81% dan sesudah tindakan 62,96%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaranPBL dapat meningkatkan kemampuanpenalaran dan kreativitas belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan penalaran; kreativitas belajar matematika; PBL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 04 Jul 2013 10:12 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 22:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24631 |
Actions (login required)
View Item |