Implementasi Teori Belajar Apos Dengan Menggunakan Pendekatan Siklus Ace Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP N 3 PolokartoSukoharjo)

Nurrohmah, Novia Ipmawati and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2013) Implementasi Teori Belajar Apos Dengan Menggunakan Pendekatan Siklus Ace Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP N 3 PolokartoSukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Cover_Hal.pdf

Download (512kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._Naskah_Publikasi.pdf

Download (234kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika yang berdampak pula nantinya pada prestasi belajar siswa kelas VIIIB SMP N 3 Polokarto Sukoharjo pada Semester I tahun pelajaran 2012/2013 dalam memecahkan suatu masalah matematika melalui teori belajar APOS dengan menggunakan pendekatan siklus ACE. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII-B SMP N 3 Polokarto Sukoharjo berjumlah 34 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dibantu dengan guru matematika. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa pokok bahasan SPLDV melalui implementasi teori belajar APOS dengan menggunakan pendekatan siklus ACE. Hal ini dapat dilihat dari indikator-indikator, yaitu : (1) membedakan contoh dan non contoh pada saat observasi awal 14,71%, dan setelah putaran III 47,06%. (2) Memahami masalah pada saat observasi awal 17,65%, dan setelah putaran III 67,65%, (3) Menyelesaikan masalah pada saat observasi awal 20,59%, dan setelah putaran III 70,59%. (4) Menyatakan ulang suatu konsep pada saat observasi awal 5,88%, dan setelah putaran III 70,59%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep matematika, APOS, ACE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Jul 2013 10:24
Last Modified: 01 Nov 2021 21:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24621

Actions (login required)

View Item View Item