Nurrohmah, Novia Ipmawati and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2013) Implementasi Teori Belajar Apos Dengan Menggunakan Pendekatan Siklus Ace Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP N 3 PolokartoSukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Cover_Hal.pdf Download (512kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._Naskah_Publikasi.pdf Download (234kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika yang berdampak pula nantinya pada prestasi belajar siswa kelas VIIIB SMP N 3 Polokarto Sukoharjo pada Semester I tahun pelajaran 2012/2013 dalam memecahkan suatu masalah matematika melalui teori belajar APOS dengan menggunakan pendekatan siklus ACE. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII-B SMP N 3 Polokarto Sukoharjo berjumlah 34 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dibantu dengan guru matematika. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa pokok bahasan SPLDV melalui implementasi teori belajar APOS dengan menggunakan pendekatan siklus ACE. Hal ini dapat dilihat dari indikator-indikator, yaitu : (1) membedakan contoh dan non contoh pada saat observasi awal 14,71%, dan setelah putaran III 47,06%. (2) Memahami masalah pada saat observasi awal 17,65%, dan setelah putaran III 67,65%, (3) Menyelesaikan masalah pada saat observasi awal 20,59%, dan setelah putaran III 70,59%. (4) Menyatakan ulang suatu konsep pada saat observasi awal 5,88%, dan setelah putaran III 70,59%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman konsep matematika, APOS, ACE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Jul 2013 10:24 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 21:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24621 |
Actions (login required)
View Item |