Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Firing Line (PTK Pada siswa kelas V11 DI SMP N 2 Wedi Klaten

Trisnawati, Rina and , Dr. Sumardi, M.Si and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Firing Line (PTK Pada siswa kelas V11 DI SMP N 2 Wedi Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (334kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4.BAB_I.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (Bab II)
5.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab III)
6.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
7.BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab V)
8.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (250kB)

Abstract

Tujuan penelitian mengkaji dan mendeskripsikan (1) penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Firing Line dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar dan (2) penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Firing Line dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Pendekatan penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Wedi , yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian peningkatan keaktifan belajar dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar meliputi: :1) adanya peningkatan bertanya dalam pembelajaran, meningkat dari 17,95% menjadi 64,10%. 2) adanya peningkatan aktifitas siswa Menjawab pertanyaan, meningkat dari 25,64% menjadi 61,54%. 3) adanya peningkatan siswa yang mengerjakan soal di depan kelas, meningkat dari 23,08% menjadi 74,36%. 4) terjadi peningkatan hasil belajar siswa, meningkat dari 43,59% menjadi 76,92%.Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Firing Line dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Hasil Belajar, firing line
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Jul 2013 09:04
Last Modified: 01 Nov 2021 20:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24620

Actions (login required)

View Item View Item