Trisnawati, Rina and , Dr. Sumardi, M.Si and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Firing Line (PTK Pada siswa kelas V11 DI SMP N 2 Wedi Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (334kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4.BAB_I.pdf Download (123kB) |
|
PDF (Bab II)
5.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
PDF (Bab III)
6.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab IV)
7.BAB_IV_.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab V)
8.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (250kB) |
Abstract
Tujuan penelitian mengkaji dan mendeskripsikan (1) penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Firing Line dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar dan (2) penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Firing Line dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Pendekatan penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Wedi , yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian peningkatan keaktifan belajar dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar meliputi: :1) adanya peningkatan bertanya dalam pembelajaran, meningkat dari 17,95% menjadi 64,10%. 2) adanya peningkatan aktifitas siswa Menjawab pertanyaan, meningkat dari 25,64% menjadi 61,54%. 3) adanya peningkatan siswa yang mengerjakan soal di depan kelas, meningkat dari 23,08% menjadi 74,36%. 4) terjadi peningkatan hasil belajar siswa, meningkat dari 43,59% menjadi 76,92%.Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Firing Line dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Hasil Belajar, firing line |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Jul 2013 09:04 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 20:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24620 |
Actions (login required)
View Item |