Astuti, Dina and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2013) Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika Melalui Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) (PTK Pada Siswa Kelas VIII A Semester Genap SMP Negeri 2 Manyaran Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (605kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (146kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (519kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika melalui strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Manyaran yang berjumlah 21 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII A. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemandirian belajar matematika siswa melalui strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R). Hal ini dapat dilihat dari indikator yang meliputi 1) menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh guru sebelum tindakan 28,57% dan setelah tindakan 76,19%, 2) mengatasi masalah belajarnya sebelum tindakan 14,29% dan setelah tindakan 57,14% , dan 3) mampu mengatur dirinya sendiri sebelum tindakan 33,33% dan setelah tindakan 71,43%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian, Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Jul 2013 12:07 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 20:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24613 |
Actions (login required)
View Item |