Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika Melalui Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) (PTK Pada Siswa Kelas VIII A Semester Genap SMP Negeri 2 Manyaran Tahun Ajaran 2012/2013)

Astuti, Dina and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2013) Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika Melalui Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) (PTK Pada Siswa Kelas VIII A Semester Genap SMP Negeri 2 Manyaran Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (605kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (519kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika melalui strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Manyaran yang berjumlah 21 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII A. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemandirian belajar matematika siswa melalui strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R). Hal ini dapat dilihat dari indikator yang meliputi 1) menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh guru sebelum tindakan 28,57% dan setelah tindakan 76,19%, 2) mengatasi masalah belajarnya sebelum tindakan 14,29% dan setelah tindakan 57,14% , dan 3) mampu mengatur dirinya sendiri sebelum tindakan 33,33% dan setelah tindakan 71,43%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Jul 2013 12:07
Last Modified: 01 Nov 2021 20:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24613

Actions (login required)

View Item View Item