Analisis Pembelajaran Matematika Pada Kelas Berkebutuhan Khusus Sekolah Luar Biasa Negeri Surakarta Ditinjau Dari Aktivitas Guru

Mujayanti, Sefti Dwi and , Idris Harta, M.A., Ph.D and , Dr. Tjipto Subadi, M.Si (2013) Analisis Pembelajaran Matematika Pada Kelas Berkebutuhan Khusus Sekolah Luar Biasa Negeri Surakarta Ditinjau Dari Aktivitas Guru. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (743kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftra Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (102kB)

Abstract

Anak tuna grahita ringan memiliki keterbatasan dalam hal berpikir, perhatian dan daya ingatnya lemah, sukar berpikir abstrak, serta kurang mampu berpikir logis. Matematika di anggap sebagai pelajaran yang sulit dan kurang disukai siswa. Banyak kritik ditujukan pada cara guru mengajar yang terlalu menekankan pada penguasaan sejumlah informasi/konsep belaka sehingga hanya dikomunikasikan searah. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan strategi pengorganisasian penyampaian materi, memaparkan bagaimana strategi pengelolaan interaksi pembelajaran, dan makna strategi pengelolaan guru terhadap pembelajaran matematika di Sekolah Luar Biasa Negeri Surakarta. Subjek penelitian adalah guru matematika SLB Negeri Surakarta. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, data dan teknik. Teknik analisis data secara first order understanding dan second order understanding. Hasil penelitian adalah (1) Strategi penyampaian materi pembelajaran matematika di Sekolah Luar Biasa Negeri Surakarta adalah menggunakan Kurikulam Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). (2) Penerapan pembelajaran dan strategi yang digunakan pada pembelajaran matematika guru lebih mengajarkan siswa autis dengan benda nyata yang ada disekitarnya (3) Kelengkapan material dan sumber daya di sekolah sangat membantu guru untuk mempermudah perancangan pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran matematika dan aktivitas guru.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Jul 2013 11:40
Last Modified: 01 Nov 2021 20:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24612

Actions (login required)

View Item View Item