Sulistyo Rini, Etik Madiyanti and , Drs.Nur Chusni, SE., M.Ag and , Dr.Suyatmini,SE.,M.Si (2013) Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gemolong Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (314kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (221kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh lingkungan belajar belajar terhadap prestasi belajar; 2) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ; 3) pengaruh lingkungan belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptifkuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gemolong tahun ajaran 2012/2013 yang telah menempuh mata pelajaranekonomi siswa dengan sampel sebanyak 149 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 72,580+ 0, 337X1 +0, 292X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh lingkungan belajar dan perhatian orang tua. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang positiflingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gemolong tahun ajaran 2012/2013. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 2,889 > 1,976 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,004 dengan sumbangan efektif sebesar 16,7 %; 2) Ada pengaruh yang positifperhatian orang tuaterhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gemolong tahun ajaran 2012/2013. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 2,798 > 1,976 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,006,dengan sumbangan efektif sebesar 11,8 %; 3). Ada pengaruh yang positiflingkungan belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gemolong tahun ajaran 2012/2013. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 6,435 > 3,058dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002.Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,285. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,285 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara lingkungan belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 28,5 % sedangkan 71,5 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lingkungan belajar, perhatian orang tua, prestasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Jul 2013 09:24 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 05:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24606 |
Actions (login required)
View Item |