Pengaruh Intensitas Belajar Kelompok Dan Persepsi Siswa Tentang Ketrampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 2 Jatisrono Tahun Ajaran 2012/ 2013

Yuniari Sutarto, Dewi Ana and , Dra.Titik Asmawati, S.E, M.Si and , Dr.Sabar Narimo, M.M., M.Pd. (2013) Pengaruh Intensitas Belajar Kelompok Dan Persepsi Siswa Tentang Ketrampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 2 Jatisrono Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Jurnal_Publikasi.pdf

Download (769kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (128kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh belajar kelompok terhadap hasil belajar siswa. 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang ketrampilan guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa. 3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jatisrono Tahun ajaran 2012/ 2013 . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII IPS SMP Negeri 2 Jatisrono yang berjumlah 190 siswa, dengan jumlah sampel 123 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda, uji F, uji t, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis regresi linier ganda diperoleh garis persamaan regresi Y = 86,063 + 0,456.X1 + 0,468.X2, yang berarti bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh intensitas belajar kelompok dan persepsi siswa tentang ketrampilan mengajar guru. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan: 1) Intensitas Belajar Kelompok berpengaruh positif dan signiikan terhadap Hasil Belajar. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 3,213 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. dengan hasil perhitungan sumbangan relatif sebesar 50,60% dan sumbangan efektif sebesar 25,15%. 2) Persepsi Siswa mengenai Ketrampilan Mengajar Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 2,764 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. dengan hasil perhitungan sumbangan relatif sebesar 49,40% dan sumbangan efektif sebesar 24,55%. 3) Intensitas Belajar Kelompok dan Persepsi Siswa mengenai Ketrampilan Mengajar Guru berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji F diketahui nilai Fhitung > Ftabel sebesar 18,506 > 3,070 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Jadi intensitas belajar kelompok memberi sumbangan yang lebih besar dari pada persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru terhadap hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Belajar Kelompok, Persepsi Siswa, dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Jul 2013 08:21
Last Modified: 29 Oct 2021 03:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24604

Actions (login required)

View Item View Item