Yuniari Sutarto, Dewi Ana and , Dra.Titik Asmawati, S.E, M.Si and , Dr.Sabar Narimo, M.M., M.Pd. (2013) Pengaruh Intensitas Belajar Kelompok Dan Persepsi Siswa Tentang Ketrampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 2 Jatisrono Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Jurnal_Publikasi.pdf Download (769kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (128kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh belajar kelompok terhadap hasil belajar siswa. 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang ketrampilan guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa. 3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jatisrono Tahun ajaran 2012/ 2013 . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII IPS SMP Negeri 2 Jatisrono yang berjumlah 190 siswa, dengan jumlah sampel 123 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda, uji F, uji t, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis regresi linier ganda diperoleh garis persamaan regresi Y = 86,063 + 0,456.X1 + 0,468.X2, yang berarti bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh intensitas belajar kelompok dan persepsi siswa tentang ketrampilan mengajar guru. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan: 1) Intensitas Belajar Kelompok berpengaruh positif dan signiikan terhadap Hasil Belajar. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 3,213 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. dengan hasil perhitungan sumbangan relatif sebesar 50,60% dan sumbangan efektif sebesar 25,15%. 2) Persepsi Siswa mengenai Ketrampilan Mengajar Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 2,764 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. dengan hasil perhitungan sumbangan relatif sebesar 49,40% dan sumbangan efektif sebesar 24,55%. 3) Intensitas Belajar Kelompok dan Persepsi Siswa mengenai Ketrampilan Mengajar Guru berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji F diketahui nilai Fhitung > Ftabel sebesar 18,506 > 3,070 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Jadi intensitas belajar kelompok memberi sumbangan yang lebih besar dari pada persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru terhadap hasil belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Belajar Kelompok, Persepsi Siswa, dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Jul 2013 08:21 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 03:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24604 |
Actions (login required)
View Item |