Muslichah, Muslichah and , Drs.Samian,M.M and , Drs.Sriyono,M.Pd (2013) Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Kemandirian Siswa Dalam Mengerjakan Tugas Dan Cara Belajar Siswa Kelas X SMa Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (496kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas terhadap hasil belajar; 2) Untuk mengetahui pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar; 3) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas dan cara belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 184 siswa kelas X SMA Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak 119 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi yang berupa nilai hasil belajar siswa (nilai raport ekonomi). Angket sebelumnya diujicobakan dengan menguji validitas item angket serta reliabilitas angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi linear: Y= 64,805 + 0,095X1 + 0,189X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas dan cara belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas terhadap hasil belajar, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linear berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,213 > 1,981 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,029, dengan sumbangan efektif sebesar 8,4%; 2) Ada pengaruh yang signifikan cara belajar terhadap hasil belajar, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linear berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,622 > 1,981 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 21,9%; 3) Ada pengaruh yang signifikan kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas dan cara belajar terhadap hasil belajar, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linear berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 25,220 > 3,074 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil sumbangan relatif dan sumbangan efektif menunjukkan bahwa variabel kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas memberikan sumbangan relatif sebesar 27,7% dan sumbangan efektif 8,4%, variabel cara belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 72,3% dan sumbangan efektif 21,9%, sedangkan kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas dan cara belajar terhadap hasil belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 100%. Dengan uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,303 (30,3%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Siswa dalam Mengerjakan Tugas, Cara Belajar dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Jul 2013 08:08 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 03:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24603 |
Actions (login required)
View Item |