Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Ditinjau Dari Kemampuan Kognitif Dan Intensitas Belajar Siswa Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Qori, Ammiratul and , Dra.Wafrotur Rohmah,S.E,M.M and , Drs.Sriyono,M.Pd (2013) Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Ditinjau Dari Kemampuan Kognitif Dan Intensitas Belajar Siswa Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (611kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._PRA_HALAMAN.pdf

Download (734kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan kognitif yang dimiliki siswa terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2012/2013; 2) Untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2012/2013; 3) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan kognitif dan intensitas belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 157 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Surakarta. Sampel diambil sebanyak 110 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi yang berupa nilai prestasi belajar siswa. Angket sebelumnya diujicobakan dengan menguji validitas item angket serta reliabilitas angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi linier: Y = 35,374 + 0,343X1 + 0,318X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh kemampuan kognitif dan intensitas belajar siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan dalam Kemampuan Kognitif terhadap Prestasi Belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,781 > 1,982 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 15%; 2) Ada pengaruh yang signifikan dalam intensitas belajar terhadap Prestasi Belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,185 > 1,982 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002, dengan sumbangan efektif sebesar 11,7%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara Kemampuan Kognitif dan Intensitas Belajar terhadap Prestasi Belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 19,448 > 3,081 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil sumbangan relatif dan sumbangan efektif menunjukkan bahwa variabel kemampuan kognitif memberikan sumbangan relatif sebesar 56,2% dan sumbangan efektif 15%, sedangkan variabel intensitas belajar siswa memberikan sumbangan relatif sebesar 43,8% dan sumbangan efektif 11,7%. Dengan uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,267 (26,7%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Intensitas Belajar Siswa dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Jul 2013 07:36
Last Modified: 29 Oct 2021 03:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24601

Actions (login required)

View Item View Item