Fitria, Nadea and , Susatyo Yuwono ,S. Psi, M. Si., Psi. (2013) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pelayanan Keperawatan Dengan Loyalitas Pelanggan RSUD Dr. Moewardi Di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (131kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (75kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (891kB) |
Abstract
Loyalitas pelanggan merupakan hal penting bagi perusahaan jasa rumah sakit untuk kelangsungan perusahaannya, loyalitas pelanggan adalah respon yang terkait dengan ikrar atau janji untuk memegang teguh komitmen biasanya tercermin dalam pemakaian berkelanjutan dari penyedia jasa yang sama atas dasar dedikasi maupun kendala pragmatis. Namun, meskipun loyalitas pelanggan terbentuk, pasien yang datang didasari karena tidak bisa memilki alternatif lain untuk perawatan kesehatan di tempat lain. Salah satu faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan adalah persepsi terhadap pelayanan keperawatan. Pelayanan yang baik akan memberikan persepsi positif pasien sehingga memiliki kaitan dengan kondisi psikologis pasien yang pada akhirnya menimbulkan rasa puas, rasa ingin kembali berkunjung sehingga menimbulkan kesetiaan (loyalitas), begitu juga sebaliknya pelayanan yang buruk akan menimbulkan persepsi negatif pasien. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap pelayanan keperawatan dengan loyalitas pelanggan RSUD Dr. Moewardi di Surakarta. 2) Untuk mengetahui tingkat persepsi terhadap pelayanan keperawatan RSUD Dr. Moewardi di Surakarta. 3) Untuk mengetahui loyalitas pelanggan RSUD Dr. Moewardi di Surakarta. 4) Untuk mengetahui berapa persen sumbangan efektif persepsi terhadap pelayanan keperawatan dengan loyalitas pelanggan RSUD Dr. Moewardi di Surakarta. Hipotesis yang di ajukan adalah ada hubungan positif antara persepsi terhadap pelayanan keperawatan dengan loyalitas pelanggan. Subjek dalam penelitian ini 100 orang. Sampel diambil dari hasil penyaringan terhadap pasien rawat inap kelas II dan III RSUD Dr. Moewardi di Surakarta. Cara yang digunakan untuk mengambil sampel adalah purposive sampling. Karakteristik sampelnya adalah sebagai berikut : (a) pasien yang sudah berobat ke rumah sakit tersebut sebanyak lebih dari 2 kali, (b) pasien yang berada di kelas II dan III (c) pasien yang berumur 27 tahun ke atas. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala, skala persepsi terhadap pelayanan keperawatan dan skala loyalitas pelanggan. Teknik analisis data yang digunakan korelasi product moment. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap pelayanan keperawatan dengan loyalitas pelanggan RSUD Dr. Moewardi di Surakarta. 2) Tingkat pesepsi terhadap pelayanan keperawatan RSUD Dr. Moewadi di Surakarta tergolong tinggi. 3) Tingkat loyalitas pelanggan RSUD Dr. Moewadi di Surakarta tergolong tinggi. 4) Peran persepsi terhadap pelayanan keperawatan dengan loyalitas pelanggan sebesar 29,3%, masih terdapat 70,7% variabel lain yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan selain variabel persepsi terhadap pelayanan keperawatan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | loyalitas pelanggan, persepsi terhadap pelayanan keperawatan, rumah sakit |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 01 Jul 2013 10:47 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24593 |
Actions (login required)
View Item |