Penerapan Metode Pembelajaran Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Ham Pada Siswa Kelas VIIC MTs Yassin Gemolong Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013

Pebriyanti, Retno and , Dr. Bambang Sumardjoko, M.Pd, and , Dr. Nurhadiantomo (2013) Penerapan Metode Pembelajaran Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Ham Pada Siswa Kelas VIIC MTs Yassin Gemolong Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (621kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pusraka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi Hak Asasi Manusia melalui penerapan metode pembelajaran Team Quiz pada siswa kelas VIIC MTs YASSIN Gemolong Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIC MTs YASSIN Gemolong yang berjumlah 42 siswa, subyek pelaku tindakan adalah guru PKn kelas VIIC MTs YASSIN Gemolong, subyek pembantu adalah peneliti dan staf mengajar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan Metode Test, Teknik analisis data yang digunakan model Interaktif yaitu pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dan guru PKn Kelas VIIC MTs YASSIN Gemolong Sragen dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode Team Quiz terbuki efektif dapat meningkatkan hasil belajar. Keefektifan ini terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa yang semula sebelum pelaksanaan tindakan hasil belajar siswa yang memenuhi KKM sebesar 35,71 %, kemudian dilakukan tindakan pada putaran I hasil belajar siswa meningkat menjadi 38,1% selanjutnya pada tindakan putaran II hasil belajar siswa meningkat menjadi sebesar 69,05% dan terakhir pada tindakan putaran III hasil belajar siswa meningkat menjadi sebesar 95,24 %. Serta dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari sebelum tindakan 55,83 menjadi 57,98 pada putaran I kemudian menjadi 68,69 pada putaran II dan meningkat lagi menjadi 79,88 pada putaran III.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan_team_quiz
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Jun 2013 07:32
Last Modified: 25 Oct 2021 06:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24582

Actions (login required)

View Item View Item