Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Akrostik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V.C SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Winarni, Winarni and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Akrostik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V.C SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (674kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (661kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V.C SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Tahun ajaran 2012/2013 dengan menerapkan teknik akrostik. Jenis peneitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus dan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V.C SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta dengan jumlah siswa 35. Subjek pelaksana tindakan adalah guru kelas V.C SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta dengan obyek penelitian keterampilan menulis puisi menggunakan teknk akrostik. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif dilakukan dengan metode alur. Alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah menunjukan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas V.C pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang kemudian mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan teknik akrostik. Hal ini dapat dilihat dari keterampilan menulis puisi siswa pada kondisi awal 37,85% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 42,14% dan 51,42%, siklus II sebesar 72,13% dan 81,42%. Hasil belajar pada kondisi awal 61,71% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 75,47% dan siklus II sebesar 82,29%.. Siswa yang mencapai ketuntasan harus mencapai 80% dari setiap aspek indikator yang dinilai. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan teknik akrostik dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V.C SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, menulis puisi, teknik akrostik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 Jun 2013 11:57
Last Modified: 31 Oct 2021 08:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24577

Actions (login required)

View Item View Item