Sariyanto, Didik and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd. (2013) Pengaruh Penggunaan Media Blok Pecahan Dan Media Realita Terhadap Pemahaman Konsep Pecahan Siswa Kelas Iv SD Negeri Pilang 1 Masaran Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (645kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (207kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media blok pecahan berpengaruh lebih baik terhadap pemahaman konsep pecahan dibandingkan media realita siswa kelas IV SD Negeri Pilang 1 Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen. Rancangan penelitian yaitu control-group posttest only. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pilang 1 sejumlah 51 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui pemahaman konsep pecahan dan dokumentasi untuk mengetahui nama-nama siswa kelas IV objek yang diteliti. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media blok pecahan berpengaruh lebih baik terhadap pemahaman konsep pecahan daripada media realita. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai postes pada kelompok eksperimen 75,23 sedangkan kelompok kontrol 67,63 dan diperoleh hasil penghitungan uji-t dengan taraf signifikan 5% yaitu thitung > ttabel (2,2049> 1,671).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman konsep pecahan, media blok pecahan, media realita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 28 Jun 2013 11:42 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 08:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24575 |
Actions (login required)
View Item |