Romadhona, Etika and , Drs.Joko Suwandi, S.E, M.Pd and , Drs.Sriyono,M.Pd (2013) Pengaruh Pemanfaatan Internet Dalam Proses Pembelajaran Dan Komunikasi Guru Siswa Terhadap Kreativitas Belajar Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (132kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (512kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran terhadap kreativitas belajar, 2) pengaruh komunikasi guru siswa terhadap kreativitas belajar, 3) pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran dan komunikasi guru siswa terhadap kreativitas belajar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Negeri 1 Banyudono. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 70 siswa dengan sampel sebanyak 58 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling dengan cara undian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan observasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 17,576 + 0,144.X1 + 0,326.X2 yang artinya kreativitas belajar dipengaruhi oleh pemanfaatan internet dan komunikasi guru siswa. Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) Pemanfaatan internet berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,272 > 2,004 pada taraf signifikan 5%. 2) Komunikasi guru siswa berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,039 > 2,004 pada taraf signifikan 5%. 3) Pemanfaatan internet dan komunikasi guru siswa berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 9,557 > 3,164 pada taraf signifikan 5%. (4) Variabel pemanfaatan internet memberikan sumbangan efektif sebesar 9,95%. Variabel komunikasi guru siswa memberikan sumbangan efektif sebesar 15,85%, sehingga total sumbangan efektif keduanya sebesar 25,8%, sedangkan 74,2% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan Internet, Komunikasi Guru Siswa dan Kreativitas belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 27 Jun 2013 12:22 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 03:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24559 |
Actions (login required)
View Item |