Saputri, Dian Mey and , Drs.Budi Sutrisno, M.Pd. and , Drs.Nur Chusni, SE., M.Ag (2013) Pengaruh Kualitas Media Pembelajaran Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII MTsN Surakarta 1 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (492kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
04._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab III)
05._Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran_Belakang.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh kualitas media pembelajaran terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas VIII MTsN Surakarta 1 tahun pelajaran 2012/2013. 2) Pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas VIII MTsN Surakarta 1 tahun pelajaran 2012/2013. 3) Pengaruh kualitas media pembelajaran dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas VIII MTsN Surakarta 1 tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas VIII MTsN Surakarta 1 tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 250 siswa dengan sampel sebanyak 152 yang diambil dengan teknik sample random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 26,297 + 0,227X1 + 0,234X2, artinya motivasi belajar dipengaruhi oleh kualitas media pembelajaran dan lingkungan belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) kualitas media pembelajaran berpengaruh positif terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas VIII MTsN 1 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kualitas media pembelajaran sebesar 3,876 sehingga thitung > ttabel atau 3,651>2,264 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (2) lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas VIII MTsN 1 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel lingkungan belajar sebesar 4,533 sehingga thitung > ttabel atau 4,533>2,264 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (3) kualitas media pembelajaran dan lingkungan belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas VIII MTsN Surakarta 1 tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 32,131>Ftabel 3,056 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0.301, berarti 30,1% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel kualitas media pembelajaran dan lingkungan belajar, sisanya sebesar 69,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas media, lingkungan belajar, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 27 Jun 2013 11:45 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 03:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24557 |
Actions (login required)
View Item |