NUR JANAH, SITI and , Drs. Djumadi, M.Kes (2013) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura Menggunakan Formasi Meja Konferensi Antara Metode Pembelajaran Snowball Drilling Dengan Talking Stick. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (496kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (154kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (143kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
01._Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (186kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura menggunakan formasi meja konferensi antara metode pembelajaran snowball drilling dengan talking stick. Kelas yang digunakan dalam penelitian dipilih tiga kelas secara Cluster Random Sampling dengan menggunakan pembelajaran yang berbeda. Kelas pertama VIIB menggunakan pembelajaran snowball drilling dan formasi meja konferensi, kelas kedua VIIC menggunakan pembelajaran talking stick dan formasi meja konferensi, dan kelas ketiga VIIE sebagai kelas kontrol (konvensional). Penelitian ini memberikan sub materi yang berbeda yaitu pertama mengenai satuan dan komponen ekosistem, kedua mengenai hubungan antara komponen dan antar komponen ekosistem, dan ketiga mengenai pola interaksi dalam ekosistem. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan uji statistik non parametrik dengan uji hipotesis menggunakan Kruskal Wallis Test. Hasil nilai rata-rata kognitif dan afektif siswa menggunakan pembelajaran talking stick dan formasi meja konferensi sebesar 89,43 dan 3,70 lebih tinggi daripada menggunakan pembelajaran snowball drilling dan formasi meja konferensi sebesar 85,53 dan 3,51 dan konvensional sebesar 83,11 dan 3,43. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% diketahuai hasil belajar berdasarkan ketiga kelompok pembelajaran nilai Asymp. Sig kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,049 sehingga ada perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura menggunakan formasi meja konferensi antara metode pembelajaran snowball drilling dengan talking stick. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah pembelajaran biologi menggunakan metode talking stick dan formasi meja konferensi lebih efektif dibanding pembelajaran snowball drilling dan formasi meja konferensi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | talking stick, snowball drilling, formasi meja konferensi, dan hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 26 Jun 2013 14:20 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 23:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24545 |
Actions (login required)
View Item |