Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Pembelajaran What Is My Line Dan Card Sort Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2012 / 2013

ISTANTI, DWI and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2013) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Pembelajaran What Is My Line Dan Card Sort Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan yang bertujuan untuk membedakan hasil belajar biologi siswa kelas VIII.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Teras Boyolali khususnya kelas VIII.Kelas yang digunakan dalam penelitian dipilih tiga kelas secara acak (random) dengan menggunakan pembelajaran yang berbeda. Kelas pertama VIIIF menerapkan pembelajaran what is my line, kelas kedua VIIIE menerapkan pembelajarancard sort, dan kelas ketiga VIIID menerapkan pembelajaran kontrol (konvensiona)l. Pada penelitian ini menerapkan 3 materi yang berbeda yaitu cara pengambilan nutrisi dan transformasi pada tumbuhan hijau, sistem gerak pada tumbuhan serta hama dan penyakit pada tanaman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Analisa data menggunakan uji statistika One-Way ANOVA melalui program SPSS 15.0 for Windows. Hasil nilai rata-rata posttest siswa menggunakan pembelajaran what is my line sebesar (83,48 ± 5,11) lebih tinggi dari pada menggunakan pembelajaran card sort sebesar (77,08 ± 6,13) dan konvensional sebesar (75,00 ± 5,22). Hasil uji hipotesis bahwa terlihat nilai Fhitung (21,91) lebih besar dari Ftabel (3,09). Nilai Ftabel diperoleh dari nilai taraf signifikansi 5% (df=2,97) yaitu sebesar (3,09), maka H0 ditolak berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga pembelajaran yang diterapkan antara pembelajaran what is my line, card sort, dan konvensional. Hasil uji lanjut anova LSD pembelajaran what is my line dan card sort 0,00< 0,05, maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran card sort dan konvensional 0,12<0,05, maka H0 diterima maka tidak terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran what is my line dan konvensional 0,00<0,05, maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan. Nilai afektif yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai pembelajaran what is my line lebih tinggi dari nilai pembelajaran card sort dan konvensional. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu ada perbedaan antara pembelajaran what is my line, card sort dan Konvensional dengan pembelajaran what is my line yang lebih efektif sedangkan untuk pembelajaran card sort dengan konvensional memiliki selisih hasil analisis yang hampir sama, jadi pembelajaran card sort dan Konvensional kurang efektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: what is my line, card sort, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2013 11:43
Last Modified: 31 Oct 2021 23:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24534

Actions (login required)

View Item View Item