WULANDARI, ASIH and , Drs. Djumadi, M.Kes (2013) Perbandingan Antara Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question Dengan Strategi The Power Of Two Menggunakan Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP N 2 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (913kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB__IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (199kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara pembelajaran menggunakan strategi Learning Start with a Question dan strategi The Power of Two menggunakan media powerpoint pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono. Sampel menggunakan tiga kelas, 2 kelas eksperimen yaitu kelas VIIIE sebagai eksperimen I (pembelajaran Learning Start with a Question), kelas VIIIG sebagai eksperimen II (pembelajaran The Power of Two) dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Tehnik penentuan sampel menggunakan random sampling. Tehnik pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, indeks kesukaran soal, daya beda, dan reliabilitas. Uji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas kemudian pengujian hipotesis dengan anova satu jalan.. Hasil pengujian hipotesis menggunakan α=5% menunjukkan Fhitung (4,931) lebih besar dari Ftabel (3,101), maka H0 ditolak, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil postest siswa menggunakan strategi Learning Start with a Question lebih tinggi (76,13) dibanding dengan The Power of Two (74,10) dan kontrol (70,28), hal ini didukung juga berdasar penilaian aspek afektif siswa. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Learning Start with a Question menggunakan media powerpoint lebih efektif digunakan untuk pembelajaran materi IPA Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran learning start with a question, strategi pembelajaran the power of two, media powerpoint, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 26 Jun 2013 11:29 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 22:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24532 |
Actions (login required)
View Item |