Sukmawati, Dyah Ayu (2013) Komparasi Antara Penggunaan Strategi Group Investigation Dengan Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 2 Rejosari Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (173kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (677kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran matematika pada dasarnya bertujuan untuk membantu melatih pola pikir siswa agar dapat memecahkan masalah dengan kritis, logis, cermat dan tepat. Untuk itu dibutuhkan suatu strategi yang tepat guna keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika antara pembelajaran yang melalui strategi Group Investigation dengan strategi Two Stay Two Stray pada siswa kelas V SD Negeri 2 Rejosari tahun ajaran 2012/2013. Untuk menguji instrumen dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Kemudian dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji keseimbangan. Teknik analisis data penelitian ini adalah uji hipotesis menggunakan teknik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total 20 soal terdapat 14 butir soal yang valid dengan kriteria rhitung > rtabel (rhitung > 0,404), dan diperoleh nilai koefisien reliabilitas KR-20 sebesar 0,827. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh sebesar 0.6635 sedangkan sebesar 1,960. Dengan demikian, dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rerata hasil belajar Matematika antara siswa yang diajar menggunakan Two Stay Two Stray dengan Group Investigation. Nilai rerata kelas eksperimen yang diajar menggunakan strategi Two Stay Two Stray lebih tinggi bila dibandingkan dengan kelas yang diajar dengan menggunakan strategi Group Investigation yaitu 72,32 > 69,68. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Two Stay Two Stray lebih baik bila dibandingkan dengan penggunaan strategi Group Investigation.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar Matematika, Strategi Group Investigation, Strategi Two Stay Two Stray |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 25 Jun 2013 12:34 |
Last Modified: | 25 Jun 2013 12:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24530 |
Actions (login required)
View Item |