Peningkatan Keaktivan Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Menggunakan Media Penghitung Batang Napier Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Matesih Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Widyanita, Yupiardi Resita and , Dr. Samino, M.M. (2013) Peningkatan Keaktivan Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Menggunakan Media Penghitung Batang Napier Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Matesih Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (685kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (253kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan keaktivan siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan metode pembelajaran Demonstrasi pada penggunaan media penghitung Batang Napier. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 Matesih yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktivan siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi Perkalian. Hasil ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian keaktivan. Indikator pencapaian keaktivan siswa pada siklus akhir yaitu siklus II pertemuan I keaktivan bertanya siswa yaitu 14 siswa atau 73,68%, pada pertemuan II naik menjadi 16 siswa atau 84,21%, keaktivan siswa dalam menjawab pertanyaan pada pertemuan I yaitu 13 siswa atau 68,42%, pada pertemuan II naik menjadi 17 siswa atau 89,47%, keaktivan siswa dalam memberi gagasan atau pendapatnya pada pertemuan I yaitu 11 siswa atau 57,89%, pada pertemuan II naik menjadi 15 siswa atau 78,94%, keaktivan berpartisipasi dalam membuat simpulan pada pertemuan I yaitu 12 siswa atau 63,15%, pada pertemuan II naik menjadi 16 siswa atau 84,21%. Rata-rata prosentase keaktivan siswa pada siklus II pertemuan I sebesar 65,78% dan pertemuan II sebesar 84,20%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Demonstrasi pada penggunaan media penghitung Batang Napier terbukti dapat meningkatkan keaktivan siswa pada mata pelajaran Matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktivan, Belajar, Batang Napier, Metode, Demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 25 Jun 2013 12:24
Last Modified: 31 Oct 2021 07:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24529

Actions (login required)

View Item View Item