Putri, Ayuk Anita and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Media Ular Tangga Dengan Strategi Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
halaman_depan.pdf Download (665kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (64kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (362kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui media Ular Tangga dengan strategi Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Negeri Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi Gaya. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian aktifitas . Indikator pencapaian aktifitas pada siklus akhir yaitu siklus II yaitu: 1) Perhatian siswa terhadap penjelasan guru 100%, 2) Aktivitas siswa dalam kelas 92,85%,3) Siswa berani menjawab pertanyaan 78,57%, 4) Siswa aktif menjawab pertanyaan 92,85% . Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai KKM sebesar 49,01%, kemudian pada Siklus I meningkat menjadi 67,85% sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai KKM sebesar 92,85%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media ular tangga dengan strategi Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas, Hasil Belajar, Numbered Head Together, Ular tangga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 25 Jun 2013 11:06 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24523 |
Actions (login required)
View Item |