Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Media Ular Tangga Dengan Strategi Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Putri, Ayuk Anita and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Media Ular Tangga Dengan Strategi Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
halaman_depan.pdf

Download (665kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (362kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui media Ular Tangga dengan strategi Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Negeri Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi Gaya. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian aktifitas . Indikator pencapaian aktifitas pada siklus akhir yaitu siklus II yaitu: 1) Perhatian siswa terhadap penjelasan guru 100%, 2) Aktivitas siswa dalam kelas 92,85%,3) Siswa berani menjawab pertanyaan 78,57%, 4) Siswa aktif menjawab pertanyaan 92,85% . Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai KKM sebesar 49,01%, kemudian pada Siklus I meningkat menjadi 67,85% sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai KKM sebesar 92,85%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media ular tangga dengan strategi Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, Numbered Head Together, Ular tangga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 25 Jun 2013 11:06
Last Modified: 31 Oct 2021 07:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24523

Actions (login required)

View Item View Item