Susilowati, Aisyah Fitri and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum. (2013) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menyimak Berita Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Kartasura Dengan Metode Pembelajaran Cooperative Script. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (486kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (134kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (401kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan penerapan metode Cooperative Script (CS) dalam kemampuan menyimak berita pada siswa kelas VIII di SMP negeri 2 Kartasura, (2) mendskripsikan hasil belajar siswa menyimak berita dengan metode Cooperative Script (CS) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) adalah penelitian yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki praktik pembelajaran dikelasnya. Subjek tindakan ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Kartasura yang berjumlah 32 siswa.pengumpulan data dilaksanakan dengan melalui observasi, wawncara, teknik tes, dan dokumentasi. Teknik validasi data memakai trianggulasi sumber dan trianggulasi metode dengan informan review. Teknik analisi data yang dilakukan secara deskripsi kuantitatif adalah data yang berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan yang terdiri dari menghitung nilai masing-masing aspek, merekap nilai siswa, menghitung nilai rata-rata, dan menghitung presntase nilai dan secara dan secara kualitatif adalah suatu data yang berbentuk kata, kalimat, skema dan gambar . Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. hasil nilai pada siklus I cukup mencapai kriteria ketuntasan dengan terlihat dari 32 siswa 12 siswa yang sudah mencapai ketuntasan. Dan pada siklus II sudah mencapai kriteria ketuntasan dari 32 siswa 22 siswa sudah mencapai ketuntasan. Pada hasil nilai rata-rata kelas dimana pada siklus I sebesar 67,06 mengalami peningkatan siklus II sebesar 73,12.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berita, Hasil Belajar, Cooperative Script (CS) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Jun 2013 10:59 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 00:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24492 |
Actions (login required)
View Item |