Nilai-nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Ajar Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Karya Teguh Karya

Ariyani, Tulastya and , Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. and , Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum. (2013) Nilai-nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Ajar Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Karya Teguh Karya. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (493kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter, makna nilai pendidikan karakter dan nilai-nilai pendidikan karakter yang paling dominan dalam materi ajar bahasa Indonesia SMP karya Teguh Karya. Penelitian ini dilakukan dengan mencatat data kemudian dianalisis dengan metode padan ekstralingual. Hasil penelitian ini ditemukan 76 data yang diantaranya mengandung 17 jenis nilai pendidikan karakter. Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut meliputi, nilai religius bermakna selalu ingat pada Tuhan, nilai jujur bermakna melatih kejujuran siswa, nilai toleransi bermakna selalu ingat akan kewajiban, nilai dispilin bermakna patuh pada peraturan, nilai kerja keras bermakna berusaha menggapai cita-cita, nilai kreatif bermakna menghasilkan sesuatu yang baru, nilai mandiri bermakna mengerjakan ulangan secara mandiri, nilai demokratis bermakna kesejahteraan masyarakat, nilai rasa ingin tahu bermakna penasaran dengan hal baru, nilai semangat kebangsaan bermakna semangat dan tekad yang kuat untuk memajukan bangsa, nilai menghargai prestasi bermakna memberi pujian/penghargaan, nilai bersahabat/komunikatif bermakna saling bekerjasama/komunikasi, nilai cinta damai bermakna menenangkan perasaan yang sedih, nilai gemar membaca bermakna memberi tugas bacaan, nilai peduli lingkungan bermakna penghematan listrik, nilai peduli sosial bermakna memberi bantuan kepada orang yang membutuhkan, dan nilai tanggung jawab bermakna melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Nilai pendidikan karakter yang paling dominan yaitu nilai religius dan nilai gemar membaca.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai pendidikan karakter, makna, dominan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 20 Jun 2013 12:34
Last Modified: 30 Oct 2021 23:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24477

Actions (login required)

View Item View Item