Ariyani, Tulastya and , Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. and , Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum. (2013) Nilai-nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Ajar Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Karya Teguh Karya. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (493kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter, makna nilai pendidikan karakter dan nilai-nilai pendidikan karakter yang paling dominan dalam materi ajar bahasa Indonesia SMP karya Teguh Karya. Penelitian ini dilakukan dengan mencatat data kemudian dianalisis dengan metode padan ekstralingual. Hasil penelitian ini ditemukan 76 data yang diantaranya mengandung 17 jenis nilai pendidikan karakter. Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut meliputi, nilai religius bermakna selalu ingat pada Tuhan, nilai jujur bermakna melatih kejujuran siswa, nilai toleransi bermakna selalu ingat akan kewajiban, nilai dispilin bermakna patuh pada peraturan, nilai kerja keras bermakna berusaha menggapai cita-cita, nilai kreatif bermakna menghasilkan sesuatu yang baru, nilai mandiri bermakna mengerjakan ulangan secara mandiri, nilai demokratis bermakna kesejahteraan masyarakat, nilai rasa ingin tahu bermakna penasaran dengan hal baru, nilai semangat kebangsaan bermakna semangat dan tekad yang kuat untuk memajukan bangsa, nilai menghargai prestasi bermakna memberi pujian/penghargaan, nilai bersahabat/komunikatif bermakna saling bekerjasama/komunikasi, nilai cinta damai bermakna menenangkan perasaan yang sedih, nilai gemar membaca bermakna memberi tugas bacaan, nilai peduli lingkungan bermakna penghematan listrik, nilai peduli sosial bermakna memberi bantuan kepada orang yang membutuhkan, dan nilai tanggung jawab bermakna melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Nilai pendidikan karakter yang paling dominan yaitu nilai religius dan nilai gemar membaca.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai pendidikan karakter, makna, dominan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 20 Jun 2013 12:34 |
Last Modified: | 30 Oct 2021 23:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24477 |
Actions (login required)
View Item |