Kurnianto, Muhlis and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko (2013) Muatan Materi Pendidikan Anti Korupsi (Analisis Isi Pada Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VIII Karangan Dwiyono dkk Serta Pelaksanaannya Di SMP Muhammadiyah 7 Sumberlawang Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan..pdf Download (595kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (62kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_NEW.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (441kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah, 1) untuk mendeskripsikan muatan materi pendidikan anti korupsi melalui analisis isi pada buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII karangan Dwiyono dkk yang digunakan di SMP Muhammadiyah 7 Sumberlawang, Kecamatan Sumberlawang. Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. 2) untuk menggambarkan pelaksanaan pendidikan anti korupsi di SMP Muhammadiyah 7 Sumberlawang, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif menggunakan sumber data tidak bergerak, yaitu buku PKn kelas VIII karangan Dwiyono dkk dan bergerak, yaitu kepala sekolah, guru PKn dan siswa SMP Muhammadiyah 7 Sumberlawang kelas VIII. Teknik pengumpulan data ini menggunakan metode mengkaji dokumen/simak, observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua macam trianggulasi, yaitu pertama trianggulasi data berupa informasi dari kepala sekolah, guru PKn, siswa dan dokumen berupa buku PKn karangan Dwiyono dkk. Kedua, trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data yang berasal dari mengkaji dokumen/simak, observasi dan wawancara. Teknik analisis interaktif dengan analisis isi. Analisis interaktif dengan analisis isi digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh dari data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan mengkaji dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) muatan materi pendidikan anti korupsi yang terkandung dalam buku PKn kelas VIII karangan Dwiyono dkk yang digunakan sudah sesuai dengan kurikulum dan SKKD PKn, nilai-nilai pendidikan anti korupsi yang termuat dalam buku PKn kelas VIII karangan Dwiyono dkk meliputi jujur, bertanggungjawab, berani, gigih dan ulet, kreatif, peduli, disiplin, kebersamaan, dan kesederhanaan; 2) pelaksanaan pendidikan anti korupsi di SMP Muhammadiyah 7 Sumberlawang, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen dilakukan bersamaan dalam proses pembelajaran PKn oleh guru PKn, selain itu pelaksanaan pendidikan anti korupsi juga dilakukan diluar kelas didalam lingkungan sekolah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Muatan materi Buku PKn, Pelaksanaan Pendidikan Anti Korupsi, Pendidikan PKn. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 20 Jun 2013 11:16 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 06:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24473 |
Actions (login required)
View Item |