Magfiroh, Fuji and , Drs.Djalal Fuadi,M.M and ., Drs.Djumali, M.Pd. (2013) Pengaruh Persepsi Bimbingan Konseling Dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
||
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (994kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi bimbingan konseling terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP N 2 Kartasura tahun ajaran 2012/2013; 2) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP N 2 Kartasura tahun ajaran 2012/2013; 3) Pengaruh persepsi bimbingan konseling dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP N 2 Kartasura tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 257 siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 146 orang siswa dengan teknik Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2,dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 69,012 + 0,121X1 + 0,248X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh persepsi bimbingan konseling dan pemanfaatan perpustakaan sekolah. Kesimpulan yang diambil adalah: 1)” Ada pengaruh persepsi bimbingan konseling terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP N 2 Kartasura tahun ajaran 2012/2013” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,634> 1,960 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,005 dengan sumbangan efektif sebesar 10,9%. 2)“ Ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP N 2 Kartasura tahun ajaran 2012/2013” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,141 > 1,960 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002 dengan sumbangan efektif sebesar 37,5%. 3) “ Ada pengaruh persepsi bimbingan konseling dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP N 2 Kartasura tahun ajaran 2012/2013” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 6,597 > 3,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,484 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsi bimbingan konseling dan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar ekonomi adalah sebesar 48,4%, sedangkan 51,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Konseling, Pemanfaatan Perpustakaan, dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Jun 2013 07:51 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 02:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24469 |
Actions (login required)
View Item |