Retnaningtiyas, Lilis Dwi and -, Drs.Sudarto,MM and , Drs.Djalal Fuadi,M.M (2013) Penggunaan Metode Student Team Achievement Devision Dengan Alat Bantu Kartu Simulasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas X Akuntansi Semester II Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Delanggu 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (622kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Dfatar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode Student Team Achievement Devisien (STAD) dapat meningkatkan keaktifan belajar akuntansi dengan materi perusahaan jasa pada siswa kelas X Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Delanggu 2012 / 2013, (2) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran atau alat simulasi sehingga dapat meningkatkan keaktifan pada mata pelajaran akuntansi dengan materi perusahaan jasa terhadap siswa kelas X Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Delanggu 2012 / 2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dalam 2 siklus. Siklus pelaksanaan PTK dilakukan melalui empat tahap, yakni : (1) Perencanaan Tindakan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi dan Interpretasi, (4) Analisis dan Refleksi Tindakan. Subyek penelitian adalah penerapan Metode Student Team Achievement Devisien pada siswa kelas X Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Delanggu yang berjumlah 28 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian, dimana peneliti sebagai guru berkolaborasi dengan guru bidang studi akuntansi untuk melakukan penelitian. Hasil penelitian ini adalah dilihat dari nilai yang berindikator B (Baik) dalam aspek “keaktifan bertanya” sebelum pelaksanaan tindakan sejumlah 5 anak dengan presentase 17,9% pada siklus I sejumlah 9 anak dengan presentase 32,1% dan 21 anak dengan presentase 75% pada siklus II. Untuk aspek”keaktifan mengemukakan pendapat” sebelum pelaksanaan tindakan sejumlah 1 anak dengan presentase 3,6% pada siklus I sejumlah 8 anak dengan presentase 28,6% dan 13 anak dengan presentase 46,4% pada siklus II. Untuk aspek”keaktifan menjawab pertanyaan” sebelum pelaksanaan tindakan sejumlah 10 anak dengan presentase 35,7% pada siklus I sejumlah 18 anak dengan presentase 64,3% dan 25 anak dengan presentase 89,3% pada siklus II. Untuk aspek”keaktifan mengerjakan soal” sebelum pelaksanaan tindakan sejumlah 10 anak dengan presentase 35,7% pada siklus I sejumlah 18 anak dengan presentase 64,3% dan 25 anak dengan presentase 89,3% pada siklus II.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode STAD, Kartu Simulasi, dan Keaktifan Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Jun 2013 07:07 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 02:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24461 |
Actions (login required)
View Item |