Peningkatan Kedisiplinan, Kerjasama dan Prestasi Belajar Matematika dengan Strategi Contextual Teaching And Learning (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA Semester Genap SMP Negeri 3 Cawas Tahun Ajaran 2012/2013)

Purwaningrum, Dina and , Dr. Sumardi, M.Si (2013) Peningkatan Kedisiplinan, Kerjasama dan Prestasi Belajar Matematika dengan Strategi Contextual Teaching And Learning (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA Semester Genap SMP Negeri 3 Cawas Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._hal_depan.pdf

Download (561kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
5_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] PDF (Bab III)
6.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab IV)
7.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (Bab V)
8.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._Daftar_Pustaka.pdf

Download (200kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._naskah_publikasi.pdf

Download (426kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan, kerjasama, dan prestasi belajar siswa kelas VII-A SMP Negeri 3 Cawas pada semester 2 tahun pelajaran 2012/2013 dalam mengerjakan soal matematika melalui strategi Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 3 Cawas berjumlah 24 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dibantu dengan guru matematika. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan, kerjasama dan prestasi siswa dalam mengerjakan soal matematika pokok bahasan segiempat dengan menggunakan strategi Contextual Teaching and Learning. Hal ini dapat dilihat dari (1) peningkatan kedisiplinan siswa melalui indikator-indikator, yaitu: a) keseriusan siswa dalam memperhatikan penjelasan guru sebelum putaran 41,66 %, dan setelah putaran III 79,16%, b) siswa datang tepat waktu sebelum putaran 62,5%, dan setelah putaran III 87,5%, c) siswa tepat waktu dalam menyelesaikan tugas sebelum putaran 54,16%, dan setelah putaran III 70,83%, dan d) siswa menyelesaikan tugas rumah dengan baik sebelum putaran 62,5% dan setelah putaran III 83,33% (2) Peningkatan kerjasama siswa melalui indikator-indikator, yaitu: a) rasa tanggung jawab dan berkontribusi sebelum putaran 54,16%, dan setelah putaran III 79,16%, dan b) pengerahan kemampuan secara maksimal sebelum putaran 37,5%%, dan setelah putaran III 70,83%. Dan (3) peningkatan prestasi belajar siswa siswa mengerjakan soal individu dengan nilai lebih dari sama dengan 70, yaitu kondisi awal sebelum putaran 45,83%, dan setelah putaran III 87,5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan, kerjasama, prestasi belajar matematika, Contextual Teaching and Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2013 06:28
Last Modified: 01 Nov 2021 20:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24456

Actions (login required)

View Item View Item