Kesulitan Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Minat Belajar Dan Cara Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2009/2010

Daldiri, Winda Salsabilla Kris and , Drs.H.M.Yahya,M.Si and ., Drs.Djalal Fuadi,M.M (2013) Kesulitan Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Minat Belajar Dan Cara Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (524kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
05._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab V)
07._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran_Belakang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap kesulitan belajar mahasiswa FKIP Pendidikan Akuntansi Muhammadiyah Surakarta angkatan 2009, 2) Untuk mengetahui pengaruh cara belajar terhadap kesulitan belajar mahasiswa FKIP Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2009, 3) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan cara belajar terhadap kesulitan belajar mahasiswa FKIP Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2009. Jenis penelitian ini adalah diskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP Pendidikan Akuntansi angkatan 2009/2010 yang berjumlah 235 mahasiswa dengan sampel 142 mahasiswa yang diambil dengan teknik simple probability sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan metode dokumentasi. Sebelum angket telah diujicobakan dan diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis rgeresi ganda,uji F, uji t, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil dari analisis data memperoleh persamaan garis regresi Y = 11,817 + 0,337 X1 + 0,333 X2. Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini 1) minat belajar mahasiswa berpengaruh negatif terhadap kesulitan belajar mahasiswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 4,544 > 1,977 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000, 2) cara belajar mahasiswa berpengaruh negatif terhadap kesulitan belajar mahasiswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 4,397 > 1,977 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000, 3) minat belajar dan cara belajar mahasiswa berpengaruh negatif terhadap kesulitan belajar mahasiswa FKIP Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2009/2010. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 33,115 > 3,061pada taraf signifikansi 5%, 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 49,40% dan sumbangan efektif 15,95%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 50,62% dan sumbangan efektif 16,35%, 5) hasil perhitungan R2 diperoleh 0,323, berarti 32,3% kesulitan belajar mahasiswa dipengaruhi oleh minat belajar dan cara belajar, sisanya sebesar 67,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, cara belajar, kesulitan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Jun 2013 06:14
Last Modified: 29 Oct 2021 02:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24454

Actions (login required)

View Item View Item