Pengaruh Aktivitas Belajar Mahasiswa Dan Perhatian Orangtua Terhadap Prestasi Dasar Akuntansi Keuangan II Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011/2012

Imawati, Imawati and , Drs.Sudarto HS. MM and , Prof.Dr.Yetty Sarjono,M.Si (2013) Pengaruh Aktivitas Belajar Mahasiswa Dan Perhatian Orangtua Terhadap Prestasi Dasar Akuntansi Keuangan II Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (470kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (790kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui adakah pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi Dasar Akuntansi Keuangan II pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012. 2) Untuk mengetahui adakah pengaruh perhatian orangtua terhadap prestasi Dasar Akuntansi Keuangan II pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012. 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh aktivitas belajar dan perhatian orangtua terhadap prestasi Dasar Akuntansi Keuangan II pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012. Sampel diambil sebanyak 123 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: 52,256 + 0,094X1 + 0,069X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi DAK II dipengaruhi oleh aktivitas belajar dan perhatian orangtua. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) “ Adakah pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi Dasar Akuntansi Keuangan II pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,193 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,014 dengan sumbangan efektif sebesar 14,9%. 2) “ Adakah pengaruh perhatian orangtua terhadap prestasi Dasar Akuntansi Keuangan II pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012”dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,935 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,016 dengan sumbangan efektif sebesar 10,4%. 3) “ Adakah pengaruh aktivitas belajar dan perhatian orangtua terhadap prestasi Dasar Akuntansi Keuangan II pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 5,557 > 3,070 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,253 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh aktivitas belajar dan perhatian orangtua terhadap prestasi Dasar Akuntansi Keuangan II pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012 adalah sebesar 25,3%, sedangkan 74,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar Mahasiswa, Perhatian Orangtua, dan Prestasi DAK II
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 19 Jun 2013 12:25
Last Modified: 29 Oct 2021 02:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24450

Actions (login required)

View Item View Item