Penerapan Metode Pembelajaran Team Quiz Untuk Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VII D SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Ernawati, Ernawati and , Drs.Djalal Fuadi,M.M and , Dr.Sabar Narimo, M.M., M.Pd. (2013) Penerapan Metode Pembelajaran Team Quiz Untuk Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VII D SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bba IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran Team Quiz pada siswa kelas VII D SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran team quiz yang dilaksanakan dalam dua siklus yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara, metode tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan model interaktif yang terdiri 3 kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran team quiz dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi dan hasil belajar ekonomi yang meliputi: 1) siswa tekun mengerjakan tugas sebelum tindakan 58,82% dan setelah tindakan 91,17 %, 2) siswa ulet dalam menghadapi kesulitan sebelum tindakan 14,70% dan setelah tindakan 58,82%, 3) siswa selalu ingin mendalami materi sebelum tindakan 52,94% dan setelah tindakan 94,11%, 4) siswa penuh semangat dalam mengikuti pelajaran ekonomi sebelum tindakan 61,76% dan setelah tindakan 94,11%,5)Siswa selalu berusaha berprestasi sebaik mungkin sebelum tindakan 14,70% setelah tindakan 64,70%, 6) siswa yang nilainya mencapai KKM sebelum tindakan 47,06% setelah tindakan 82,35%. Dari data diatas dapat disimpukan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran team quiz dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas VII D SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: team quiz, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jun 2013 12:19
Last Modified: 29 Oct 2021 02:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24449

Actions (login required)

View Item View Item