Ernawati, Ernawati and , Drs.Djalal Fuadi,M.M and , Dr.Sabar Narimo, M.M., M.Pd. (2013) Penerapan Metode Pembelajaran Team Quiz Untuk Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VII D SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (77kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bba IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran Team Quiz pada siswa kelas VII D SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran team quiz yang dilaksanakan dalam dua siklus yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara, metode tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan model interaktif yang terdiri 3 kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran team quiz dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi dan hasil belajar ekonomi yang meliputi: 1) siswa tekun mengerjakan tugas sebelum tindakan 58,82% dan setelah tindakan 91,17 %, 2) siswa ulet dalam menghadapi kesulitan sebelum tindakan 14,70% dan setelah tindakan 58,82%, 3) siswa selalu ingin mendalami materi sebelum tindakan 52,94% dan setelah tindakan 94,11%, 4) siswa penuh semangat dalam mengikuti pelajaran ekonomi sebelum tindakan 61,76% dan setelah tindakan 94,11%,5)Siswa selalu berusaha berprestasi sebaik mungkin sebelum tindakan 14,70% setelah tindakan 64,70%, 6) siswa yang nilainya mencapai KKM sebelum tindakan 47,06% setelah tindakan 82,35%. Dari data diatas dapat disimpukan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran team quiz dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas VII D SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | team quiz, motivasi belajar, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Jun 2013 12:19 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 02:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24449 |
Actions (login required)
View Item |