Lutfiyanti, Lutfiyanti and , Dra.Wafrotur Rohmah,S.E,M.M and , Dr.Sabar Narimo, M.M., M.Pd. (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question Dalam Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian Ini adalah dengan penerapan strategi pembelajaran Learning Start With a Question dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, teknik evaluasi/tes, dokumentasi, catatan lapangan. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII D SMP N 1 Sambi sebanyak 32 siswa. Sedangkan obyek penelitian adalah kemandirian dan hasil belajar ekonomi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukan peningkatan kemandirian belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator kemandirian belajar ekonomi yang meliputi: 1) kemampuan menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh guru sebelum siklus 25 %, sesudah siklus I 28,13%, sesudah siklus II 78,13 %, 2) kemampuan mengatasi kesulitan memahami bahan ajar sebelum siklus 18,75 %, sesudah siklus I 28,13%, sesudah siklus II 59,35 %, 3) percaya pada kemampuan diri sendiri sebelum siklus 18,75 %, sesudah siklus I 37,50 %, sesudah siklus II 78,13% dan 4) kemampuan mengatur dirinya sendiri sebelum siklus 12,50 %, sesudah siklus I 40,63 %, sesudah siklus II 71,88%, dan hasil belajar ekonomi yang mencapai KKM sebelum siklus 56,25% dengan nilai rata – rata 75, sesudah siklus I sebanyak 68,75% dengan nilai rata - rata 76 dan sesudah siklus II sebanyak 75% dengan nilai rata – rata 78. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Learning Start With a Question dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012/2013 sebesar 70% dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran Learning Start With a Question, Kemandirian, Hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 19 Jun 2013 11:28 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 01:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24442 |
Actions (login required)
View Item |