Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Akuntansi Sekolah Menengah Atas Negeri I Bulu tahun Ajaran 2012/ 2013

Wulandari, Erna Catur and ., Drs.Djumali, M.Pd. and , Dr.Sabar Narimo, M.M., M.Pd. (2013) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Akuntansi Sekolah Menengah Atas Negeri I Bulu tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (825kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (524kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dalam kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/2013, 2) Untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dalam kompetensi profesional terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/2013, 3) Untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dalam kompetensi pedagogikk dan kompetensi professional terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/ 2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak 84 siswa dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 75,780 + 0.124X1 + 0.155X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansidipengaruhi oleh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Kompetensi Pedagogik berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/2013 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, 2.761 >2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,008 dengan sumbangan relatif sebesar 36% dan sumbangan efektif 16,4%. 2) Kompetensi Profesional berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/2013 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,940 >2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,006 dengan sumbangan relatif sebesar 61%dan sumbangan efektif 25,7%. 3) Kompetens pedagogik dan kompetensi professional secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/2013 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 6,227 >3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,421 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh Kompetensi pedagogik dan kompetensi professional terhadap prestasi belajar akuntansi adalah sebesar 42,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, dan Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 19 Jun 2013 11:07
Last Modified: 29 Oct 2021 01:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24440

Actions (login required)

View Item View Item