Samodra, Oriza Rivai and , Drs.Jalal Fuadi.M.M and , Drs.Samian,M.M (2013) Pengaruh Lingkungan Fisik Kelas Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas 8 Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (463kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (457kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (174kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09.Daftar_pustaka.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh lingkungan fisik kelas terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas 8 SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2012/2013, 2) pengaruh kemandirian belaajr siswa terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas 8 SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2012/2013, 3) pengaruh Lingkungan Fisik Kelas Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas 8 Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas 8 SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 270 siswa dengan sampel sebanyak 152 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 43,016 + 0,669 X1 + 0,293 X2, artinya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh lingkungan fisik kelas dan kemandirian belajar . Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) lingkungan fisik kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel lingkungan fisik kelas sebesar 4,462 sehingga thitung > ttabel atau 4,462>1.976 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 dan besar sumbangan efektif 11,61%. (2) kemandirian belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan besar sumbangan efektif 3,29%. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kemandirian belajar sebesar 2,126 sehingga thitung > ttabel atau 2,126>1.976 dengan nilai signifikansi 0,035<0,05. (3) lingkungan fisik kelas dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas 8 pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 13,026>Ftabel 3,056 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0.149, berarti 14,9% prestasi belajar siswa kelas 8 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dipengaruhi oleh variabel lingkungan fisik kela dan kemandirian belajar, sisanya sebesar 85,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lingkungan fisik kelas, kemandirian belajar, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Jun 2013 10:44 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 01:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24437 |
Actions (login required)
View Item |