Kontribusi Pemberian Bantuan Operasional Sekolah Dan Kemampuan Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Sambirejo Tahun Ajaran 2012/2013

Muslimah, Muslimah and , Dr.Sabar Narimo, M.M., M.Pd. and , Drs.Sriyono,M.Pd (2013) Kontribusi Pemberian Bantuan Operasional Sekolah Dan Kemampuan Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Sambirejo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (569kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh pemberian bantuan operasional sekolah terhadap hasil belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII SMP N 1 Sambirejo tahun ajaran 2012/2013; 2) Pengaruh kemampuan ekonomi orang tua terhadap hasil belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII SMP N 1 Sambirejo tahun ajaran 2012/2013; 3) Pengaruh pemberian bantuan operasional sekolah dan kemampuan ekonomi orang tua terhadap hasil IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII SMP N 1 Sambirejo tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 256 siswa kelas VIII SMP N 1 Sambirejo tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak 132 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 60,124 + 0,307X1 + 0,323X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh penberian bantuan operasional sekolah dan kemampuan ekonomi orang tua. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) pemberian bantuan operasional sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar IPS Ekonomi, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji signifikansi secara parsial) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,334 > 1,978 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,021 dengan sumbangan efektif sebesar 5,5%; 2) kemempuan ekonomi orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar IPS Ekonomi, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji signifikansi secara parsial) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,063 > 1,978 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,041, dengan sumbangan efektif sebesar 3, 9%; 3) pemberian bantuan operasional sekolah dan kemampuan ekonomi orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar IPS Ekonomi, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji signifikansi secara simultan) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 6.690 > 3,066 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,094 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pemberian bantuan operasional sekolah dan kemampuan ekonomi orang tua terhadap hasil belajar IPS ekonomi, adalah sebesar 9,4% sedangkan 90,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemberian bantuan operasional sekolah, kemampuan ekonomi orang tua dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jun 2013 12:10
Last Modified: 29 Oct 2021 01:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24430

Actions (login required)

View Item View Item