Muslimah, Muslimah and , Dr.Sabar Narimo, M.M., M.Pd. and , Drs.Sriyono,M.Pd (2013) Kontribusi Pemberian Bantuan Operasional Sekolah Dan Kemampuan Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Sambirejo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (569kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (197kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh pemberian bantuan operasional sekolah terhadap hasil belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII SMP N 1 Sambirejo tahun ajaran 2012/2013; 2) Pengaruh kemampuan ekonomi orang tua terhadap hasil belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII SMP N 1 Sambirejo tahun ajaran 2012/2013; 3) Pengaruh pemberian bantuan operasional sekolah dan kemampuan ekonomi orang tua terhadap hasil IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII SMP N 1 Sambirejo tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 256 siswa kelas VIII SMP N 1 Sambirejo tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak 132 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 60,124 + 0,307X1 + 0,323X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh penberian bantuan operasional sekolah dan kemampuan ekonomi orang tua. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) pemberian bantuan operasional sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar IPS Ekonomi, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji signifikansi secara parsial) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,334 > 1,978 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,021 dengan sumbangan efektif sebesar 5,5%; 2) kemempuan ekonomi orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar IPS Ekonomi, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji signifikansi secara parsial) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,063 > 1,978 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,041, dengan sumbangan efektif sebesar 3, 9%; 3) pemberian bantuan operasional sekolah dan kemampuan ekonomi orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar IPS Ekonomi, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji signifikansi secara simultan) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 6.690 > 3,066 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,094 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pemberian bantuan operasional sekolah dan kemampuan ekonomi orang tua terhadap hasil belajar IPS ekonomi, adalah sebesar 9,4% sedangkan 90,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemberian bantuan operasional sekolah, kemampuan ekonomi orang tua dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Jun 2013 12:10 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 01:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24430 |
Actions (login required)
View Item |