Widodo, Desi Anggraeny and , Drs. Jalal Fuadi, MM and , Drs.Samian,M.M (2013) Penerapan Metode Course Review Horay Dan Metode Ceramah Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VII D SMP Al-Islam Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (43kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar ekonomi melalui Metode Course Review Horay dan Metode Ceramah pada siswa kelas VII D SMP Al-Islam Kartasura tahun ajaran 2012/2013. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Al-Islam Kartasura yang berjumlah 31 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru IPS Ekonomi dan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dan siklus I terdapat 2 kali pertemuan dan siklus II terdapat sekali pertamuan. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar ekonomi siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari peningkatan setiap siklus. Sebelum tindakan diperoleh motivasi belajar ekonomi siswa meningkat menjadi 34,41%, pada siklus I pertemuan pertama motivasi belajar ekonomi siswa meningkat menjadi 53,76%,pada pertemuan kedua otivasi belajar meningkat menjadi 65,59%, dan pada siklus II motivasi belajar ekonomi siswa meningkat menjadi 80,75%. Hal ini berarti peningkatan minat belajar ekonomi siswa melebihi indikator pencapaian yaitu 75%. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Metode Course Review Horay dan Metode Ceramah dapat meningkatkan motivasi belajar ekonomi siswa kelas VII D SMP Al-Islam Kartasura.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Course Review Horay, Metode Ceramah, Motivasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Jun 2013 11:14 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 01:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24428 |
Actions (login required)
View Item |