HARJANI, SANTI and , Dra. Suparti, M.Si (2013) Perbandingan Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Dan NHT (Numbered Heads Together) Dengan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf Download (485kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (163kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah pustaka)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (492kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara Metode Teams Games Tournament dengan Metode Numbered Heads Together terhadap hasil belajar Ekosistem siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Pelajaran 2012/1013. Pengambilan sampel penelitian ini berjumlah 96 siswa yang berasal dari 3 kelas yaitu kelas VII E dan kelas VII G sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII H sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan data hasil belajar dengan menggunakan uji instrumen soal yang diperoleh 15 item soal yang valid dan layak digunakan sebagai tes kemampuan akhir (post test). Analisis data dengan menggunakan uji validitas dan reabilitas. Untuk uji hipotesis menggunakan anava satu jalan (One Way Anova). Hasil uji hipotesis menunjukan Fhitung (1.809) lebih besar dari Ftabel (3,09) didapat dari taraf signifikan 0,05 dengan (df=0,021) sebesar 3,09 maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap ketiga kelas perlakuan. Dengan melihat nilai rata-rata post test menggunakan metode Teams Games Tournament (80,031), metode Numbered Heads Together (79,906) dan Kontrol (75,216). Dari nilai rata-rata tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi pada materi Ekosistem dengan menggunakan metode Teams Games Tournament lebih tinggi dibandingkan dengan metode Numbered Heads Together dan kontrol, sehingga metode Teams Games Tournament lebih tepat apabila digunakan dalam pembelajaran biologi khususnya untuk materi ekosistem.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Teams Games Tournament, Metode Numbered Heads Together, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 14 Jun 2013 11:44 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 19:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24420 |
Actions (login required)
View Item |