Perbandingan Pembelajaran Crossword Puzzle Dengan Permainan Ular Tangga Menggunakan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013.

SETYANINGRUM, ELMA and , Dra. Suparti, M.Si (2013) Perbandingan Pembelajaran Crossword Puzzle Dengan Permainan Ular Tangga Menggunakan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (440kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (181kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (397kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah perbedaan strategi crossword puzzle dan strategi permainan ular tangga dengan media gambar terhadap hasil belajar Ekosistem siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu karanganyar Tahun Ajaran 2012/1013. Pengambilan sampel penelitian ini berjumlah 96 siswa yang berasal dari 3 kelas yaitu kelas VII C dan kelas VII D sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Pengambilan data hasil belajar dengan menggunakan uji instrumen soal yang diperoleh 15 item soal yang valid dan layak digunakan sebagai tes kemampuan akhir (post test). Analisis data dengan menggunakan uji validitas dan reabilitas. Untuk uji hipotesis menggunakan anava satu jalan (One Way Anova). Hasil uji hipotesis menunjukan Fhitung (4,720) lebih besar dari F(3,09) didapat dari taraf signifikan 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap ketiga kelas perlakuan. Dengan melihat nilai rata-rata post testmenggunakan strategi crossword puzzle (81,125), strategi permainan ular tangga (76,75) dan Kontrol (73,84375). Dari nilai rata-rata tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi pada materi Ekosistem dengan menggunakan strategicrossword puzzle lebih tinggi dibandingkan dengan strategi permainan ular tangga dan kontrol sehingga strategi crossword puzzle lebih tepat digunakan dalam pembelajaran biologi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Crossword Puzzle, Strategi Permainan Ular Tangga , dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2013 11:34
Last Modified: 03 Nov 2021 19:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24419

Actions (login required)

View Item View Item