Suminarti, Asih and , Dra.Wafrotur Rohmah,S.E,M.M and , Drs.Sriyono,M.Pd (2013) Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Jurusan Ips Man I Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar, 2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar, 3) pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan IPS MAN I Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013 berjumlah 146 siswa dengan sampel sebanyak 105 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y=54,502 + 0,409X1 + 0,164X2 , artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh fasilitas belajar dan motivasi belajar. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel fasilitas belajar sebesar 3,207 sehingga thitung > ttabel atau 3,207 > 1.980 (α = 0,05). (2) motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel motivasi belajar sebesar 2.986 sehingga thitung > ttabel atau 2.986 > 1.980 (α = 0,05). (3) fasilitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan ips MAN I Surakarta Tahum Ajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 6,377 lebih besar dari Ftabel (3,09) pada taraf signifikansi 5%. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,111, berarti 11,1% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel fasilitas belajar dan motivasi belajar, sisanya sebesar 88,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fasilitas, motivasi, prestasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 12 Jun 2013 12:29 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 00:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24409 |
Actions (login required)
View Item |